Terima Kasih Sudah Singgah Satumat

Daftas Isi

Selasa, 20 Juli 2010

Prediksi Pemudik Tahun Ini Meningkat 15%

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah pemudik nasional pada Idul Fitri tahun ini meningkat hingga 15 persen. Tahun lalu, jumlah pemudik hampir mencapai 17 juta orang.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menjelaskan jalur darat dengan sepeda motor akan kembali menjadi pilihan utama bagi pemudik untuk sampai ke kampung halaman.

Bambang menjelaskan, setiap pengerjaan perbaikan jalur lintas mudik akan selesai pada H-10. Pihaknya berjanji akan terus merapihkan manajemen lalu lintas semasa arus mudik dan balik 2010.
“Atas kesepakatan bersama antara pemerintah dan lintas kementerian, setiap pengerjaan jalan akan dirapihkan pada H-10 agar kita konsentrasi ke manajemen lalu lintas,” kata Bambang di Institut Teknologi Bandung, Senin (19/7/2010).
Dia menambahkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengatur manajemen lalu lintas di ruas jalan yang masih dalam pengerjaan atau perbaikan. Selain itu, kata dia, kementeriannya juga mengawasi pembangunan jalan layang (flyover) yang hingga kini belum rampung.
“Misalnya di Merak, ada flyover yang belum selesai. Di situlah yang perlu kita waspadai untuk pengaturan manajemen lalu lintas,” ujarnya.
Selain di Merak, Banten, titik-titik keluarnya arus kendaraan lewat jalan tol strategis juga akan diwaspadai sebagai titik kemacetan. “Seperti di Jalan Tol Kanci-Pejagan. Kita akan waspadai di ujung Pejagan. Selain itu Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” ungkapnya.
Kemhub juga akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan pemerintah daerah untuk mengatur pasar tumpah yang biasanya menjadi sumber kemacetan. [okezone]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails